447 Calon Haji dari Jabar Gagal Berangkat

by -217 views

ilustrasi

Sebanyak 447 calon jamaah haji (calhaj) Jabar gagal berangkat karena tidak sanggup melunasi ongkos naik haji (ONH).

Sisa jatah kuota para calhaj ini akhirnya diberikan kepada calhaj lanjut usia. “Bagi 447 jemaah yang menunda atau tidak bisa melunasi ONH itu kita tidak bisa memaksa. Masa sih kita mendesak mereka agar mau tidak mau harus berangkat tahun ini, kan tidak mungkin karena menunda keberangkatan itu hak jemaah.Namun, mereka menjadi prioritas pada tahun depan,” tutur Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, H. Saeroji, seusai melepas sekitar 500 petugas Haji di Bale Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar Jalan Diponegoro Bandung,kemarin.

Padahal, lanjut dia, pihaknya sudah membuka dua kali kesempatan bagi para calhaj untuk melunasi ONH.Pada tahap pertama,ada sekitar 1.700 calon jamaah yang belum siap berangkat dengan berbagai alasan. Setelah itu tersisa 447 orang yang benar-benar tidak siap.Namun setelah dibuka kesempatan kedua,sebanyak 447 calhaj itu tetap tidak siap berangkat yang mayoritas karena alasan keuangan.

Baca Juga:  Kisah Malang Kasdi Cari Keadilan, diusir Satpam MA

“Akhirnya kita berikan kesempatan bagi para jamaah yang usia lanjut.Namun jumlahnya pun hanya 87 orang.Sisa jatah kursi jamaah yang kosong ini akan kita serahkan ke tingkat pusat,”katanya. atep abdillah kurniawan

sumber:seputar-indonesia.com

About Author: Tubagus Iwan Sudrajat

Gravatar Image
Tubagus Iwan Sudrajat ialah seorang penulis artikel di Bandung, Jawa Barat. Dia juga penulis artikel di beberapa blog dan media online.