Angkringan Rasa Bali

by -9 views

AngkringanBerbicara soal warung makan angkringan, maka identik dengan Yogyakarta dan makanan khasnya seperti nasi kucing. Tetapi, angkringan yang satu ini malah bernuansa Bali. Tak sekadar suasananya, tetapi juga menu yang ditawarkan adalah makanan Bali.

Angkringan Bli Edi, begitu nama tempat ini. Dengan semboyan “Warung Bali to Jogja”, tempat ini berada di Jalan Raya Fatmawati. Mudah dikenali karena berada di pinggir jalan.

Awalnya saat pertama kali muncul pada tahun 2010, konsepnya persis seperti angkringan di Yogyakarta, yaitu gerobak angkringan dengan menu yang disajikan di atas gerobak dan tamu duduk lesehan.

Tetapi seiring waktu, Edi, pemilik Angkringan Bli Edi, mengubah konsep tempat makannya menjadi kedai dengan meja dan kursi layaknya restoran kecil. Suasana Bali tetap kental terasa.

“Sengaja cahayanya temaram supaya seperti kafe-kafe di Bali,” kata Edi kepada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Edi sendiri asli Jawa, tetapi ia kerap berkunjung ke Bali dan pernah menetap sebentar Pulau Dewata itu. Kain poleng hitam-putih menghiasi dinding, payung besar khas Bali menyambut di depan. Lalu papan surfing dan beberapa kursi bambu seakan menguatkan kesan berada di Bali.

Nah, bagaimana dengan makanannya? Anda harus mencoba paket Nasi Jenggo Bali Spesial dengan harga Rp 25.000. Nasi Jenggo aslinya mirip seperti nasi kucing dengan porsi yang sedikit.

Namun, di Angkringan Bli Edi, Nasi Jenggo tampil agak beda. Nasi Jenggo tetap diberi lauk ayam mesisit, tempe oseng, kacang, dan saur. Saur seperti serundeng yang terbuat dari kelapa, bedanya yaitu saur terasa gurih, bukan manis.

Tambahan yang membuat spesial Nasi Jenggo adalah jukut urap khas Bali dan satai lilit dari ikan. Apalagi sambal yang diberikan ada tiga jenis, yaitu sambal terasi, sambal matah atau sambal dari bahan-bahan mentah, dan sambal embe atau sambal dari bawang goreng. Cocoklah bagi penggemar pedas.

Menurut Edi, menu favorit di tempatnya adalah Ayam Betutu Bakar seharga Rp 30.000. Paket ini terdiri dari nasi, ayam betutu yang dibakar, kangkung plecing, satai lilit, dan tentu sambal. Selain dibakar, Anda bisa pilih Ayam Betutu yang digoreng ataupun yang diberi kuah.
Sebagai minuman, Anda harus mencoba bir jawa yang dibuat dari lebih lima jenis rempah. Ada pula aneka olahan kopi dan teh. Minuman segar yang patut dicoba adalah Lemon Squash atau Es Jeruk.

Jika Anda berminat makan di tempat ini, Angkringan Bli Edi baru buka pada sore hari, yaitu mulai dari pukul 17.00 sampai 24.00. Serunya, pada hari Jumat dan Sabtu ada live music yang meramaikan suasana kedai.

Sumber+foto: Kompas.com