Louis Van Gaal Kritik Sistem Perebutan Tempat Ketiga

by -4 views

van galPelatih timnas Belanda, Louis van Gaal mempertanyakan tujuan diadakannya sistem perebutan tempat ketiga di gelaran Piala Dunia.

Skuat Oranje akan berjumpa Brasil dalam laga yang memperebutkan posisi ketiga turnamen di Brasilia. Belanda dikalahkan Argentina 4-2 melalui adu penalti, sementara Seleccao dibantai Jerman 7-1 di fase semi-final.

Bagi Brasil laga tersebut berguna untuk menaikkan gengsi mereka kembali, namun Van Gaal menyebut pertandingan yang akan diselenggarakan Minggu (13/7) dini hari WIB itu sebagai laga yang tak berguna.

“Saya kira pertandingan itu tidak harus dimainkan dan ini telah saya katakan selama 10 tahun terakhir,” ujarnya. “Sangat tidak adil kami hanya memiliki waktu istirahat satu hari lebih sedikit ketimbang lawan untuk memulihkan kondisi fisik.”

“Hal terburuk yang saya yakini bisa terjadi adalah kemungkinan untuk mendapat kekalahan dua kali secara beruntun.”

“Dan, di turnamen yang Anda mainkan dengan baik, Anda mungkin akan pulang dengan dua kekalahan beruntun dan ini tidaklah ada artinya dari segi olahraga dalam pandangan saya,” imbuh Van Gaal.

“Jadi dalam kompetisi sepakbola, khususnya bukan di fase terakhir, tidak seharusnya ada laga perebutan tempat ketiga. Karena sejatinya hanya ada satu penghargaan yakni saat menjadi juara dunia.”

(goal)