Ini Alasan Taman Nasional Gunung Rinjani Menarik untuk Dikunjungi

by -18 views

rinjani 1

Gunung Rinjani yang ada di Kepulauan Lombok sangat sayang dilewatkan sebagai salah satu lokasi pendakian. Taman Nasional Gunung Rinjani juga menyimpan keindahan tersendiri. Gunung ini adalah gunung api dan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Hutannya sangat lebat. Banyak ditemukan flora dan fauna yang khas ada di Asia Tenggara dan Australia. Dengan ketinggian 3.726 meter, Taman Nasional Gunung Rinjani berada di zona transisi Garis Wallacea. Tidak heran jika flora dan faunanya beragam.

rinjani 2

Jika tidak sempat untuk naik ke puncak Rinjani, Anda bisa melakukan hiking atau trekking. Salah satu yang menarik adlah trekking selama 3 hari. Jalurnya yaitu dari Lereng kawah Senaru berlanjut turun ke kawah danau. Perjalanan diteruskan ke Sembalun Lawang. Jika punya nyali, trekking bisa diteruskan ke puncak gunung.

Mengunjungi Rinjani tidak lengkap jika belum mendatangi Segara Anak. Ini adalah danau sulfur (belerang) yang lokasinya sekitar 600 meter di bawah lereng. Setiap tahun diadakan tradisi pekelan oleh masyarakat Bali dengan member persembahan perhiasan yang diperuntukkan untuk roh gunung. Persembahan ini ditaruh pada danau. Sementara itu, setiap bulan purnama, warga Wetu Telu melakukan ritual berdoa di danau.

Sebelum berkunjung ke sana, pastikan membawa perbekalan yang cukup. Kondisi badan juga mesti fit agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.Tetap hormati alam dengan tidak melakukan perusakan lingkungan selama berada di Taman Nasional Gunung Rinjani.
rinjani 3

(sidomi)