Ular Hijau Ini Resahkan Warga di Perumahan Depok

by -14 views

Firgiani atau biasa dipanggil Ayu (40) pemilik rumah di perumahan di Kawasan Studio Alam, Depok resah dengan munculnya ular di garasi rumahnya. Ayu kemudian meminta tolong kepada tim Sioux Snake Rescue (SSR) untuk menangkap ular tersebut.

Kisah penemuan ular ini berawal saat tukang bersih-bersih di rumah Ayu memangkas alang-alang yang tumbuh lebat di garasi rumahnya. Maklum sudah hampir satu tahun rumah tersebut kosong.

Sedang asik memotong rumbut, tiba-tiba terdengar bunyi gesekan, dan ternyata saat dilihat ular berwarna hijau sedang mengumpet dilebatnya alang-alang. Melihat ada ular, bapak pemotong rumput langsung lari ketakutan dan melaporkan kejadian itu ke Ayu.

ularhijauAyu yang tahu info soal SSR dari media sosial langsung menghubungi SSR. Dia meminta agar ular tersebut ditangkap. Ayu menjelaskan beberapa kali melihat ular di sana. Di samping rumahnya dulu memang banyak alang-alang.

“Dulunya di samping rumah saya banyak alang-alang. Pas dibabatin ketemu telur dan kulit ular yang kering tapi tidak satu tempat tapi menyebar,” jelas Ayu di rumahnya bersama koordinator SSR Erwandi ‘Elang’ Supriadi di Depok, Sabtu (6/9/2014).

Proses penangkapan ular pun di mulai. Elang yang sudah siap dengan alat penangkap ular yang disebut grabber stick langsung masuk ke dalam rumah. Sementara Ayu dan ibunya menunggu di halaman. “Takut saya, tunggu sini saja,” katanya.

Penangkapan ular hampir menjelang maghrib dan suasana sudah mulai gelap karena di rumah tersebut tidak ada listrik. Hampir 2 jam Elang menyisir dalam rumah tersebut, namun hasilnya masih nihil.

Pencarian kemudian dilanjut ke halaman samping rumah, banyak alang-alang dan pohon serta tumpukan puing di sana. Sambil menyoroti tanah dengan senternya, Elang memerhatikan setiap gerakan yang muncul. Dari rumput-rumput di bawah hingga ranting pohon belimbing di bagian atas.

Setelah hampir setengah jam menyisir, seekor ular berwarna hijau berhasil ditangkap. Ular yang panjangnya hampir 1,5 meter itu sedang asik melilitkan tubuhnya di batang pohon belimbing.

“Jenisnya ular Pucuk Hijau, bisa ularnya masuk kategori bisa sedang,” kata Elang menjelaskan ular tangkapannya.

Ayu yang resah kini agak sedikit lega. Kerena hari sudah gelap akhirnya pencarian dihentikan. Meksi begitu Ayu tetap meminta agar penyisiran dilakukan lagi di hari lain.

“Ular yang hitam dan cokelat belang oranye enggak ketemu yah. Nanti mau dicari lagi,” katanya.
(detik.com)