Penuhi Persyaratan, 3 Sekolah Kabupaten Bogor Siap Ujian Online

by -7 views

skolahSebanyak 1.050 pelajar dari tiga sekolah di Kabupaten Bogor, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) secara online pada tanggal 13 April 2015 mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Amsohi, tiga sekolah yang akan menerapkan sistem ujian secara online atau Computer Based Test (CBT) tersebut adalah SMKN 1 Cibinong, SMK Triple J Citeureup, dan SMAN 2 Cibinong.

“Tiga sekolah ditunjuk untuk menggelar ujian online karena sudah memenuhi segala persyaratan. Di antaranya adalah 10 persen penyediaan sarana dan prasarana ujian disiapkan oleh pihak sekolah,” ujar Amsohi, Senin (06/04/15).

Amsohi melanjutkan, ada perbedaan secara teknis antara sistem ujian online atau CBT dengan sistem Paper Based Test (PBT), di mana waktu ujian dengan sistem CBT akan dilakukan secara bergelombang.

“Kalau ujian PBT waktu ujiannya dilakukan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, sementara untuk sistem CBT, dibagi menjadi tiga gelombang,” jelasnya

Karena, sambung Amsohi, masih terbatasnya sarana yang dimiliki dan disiapkan oleh pihak sekolah, tapi secara keseluruhan untuk ketiga sekolah ini sudah siap menggelar ujian.

Bahkan, masih Amsohi, Disdik mendapatkan informasi jika hari ini (Senin, 06/04/15) ada salah satu sekolah yang sudah mengadakan try out dengan menggunakan sistem online.

Ditambahkan dia, mengenai sistem pengawasan ujian yang dilakukan oleh siswa sendiri, masing-masing siswa memiliki password atau kode sendiri untuk mengaksesnya.

“Dengan adanya sistem ini, akan dibangun suatu sistem ujian online dengan pengawasan, di mana para pengawas bisa langsung mengamati dan mengontrol para peserta ujian langsung pada komputer pengawas, dengan memakai jaringan LAN atau nirkabel,” pungkasnya.

(Heibogor)