Bogor gelar Helaran, sejumlah rute dialihkan

by -11 views

Polres Bogor Kota menyiapkan pengalihan arus lalu lintas sejumlah ruas jalan yang akan dilalui peserta Pawai Budaya Helaran yang akan diselenggarakan Sabtu (30/5) dalam rangka Hari Jadi Bogor ke-533.

“Pengalihan arus akan dimulai pukul 14.00 sampai dengan 17.30 WIB,” kata Panit Humas Polres Bogor, Aiptu Mansyur, di Bogor, Jumat.

Pawa Budaya Helaran dipusatkan di Jalan Sudirman, depan Museum PETA. Sekitar 20 mobil hias dan ribuan peserta dari sejumlah komunitas akan berkeliling Kota Bogor diberangkatkan dari GOR Pajajaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Harupat dan Lamapangan Sempur.

“Untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di sepanjang lokasi rute pawai dan untuk memfasilitas kelancaran operasional kegiatan tersebut, sejumlah arus akan dialihkan bagi kendaraan termasuk trayek angkot,” katanya.

Mansyur menjelaskan, angkot atau kendaraan yang akan melintasi jalur Jalan A Yani, Sudirman, dialihkan ke arah mulai dari Simpang Warung Jambu sampai dengan Simpang Denpom atau Istana Bogor.

Ia merincikan, ada delapan lokasi yang masuk dalam rencana pengalihan arus lalu lintas pada kegiatan Helaran Pawai Budaya HJB ke-533 meliputi, Simpang Warung Jambu arus kendaraan yang akan menuju Jalan Ahmad Yani akan dialihkan ke Simpang BORR, Jalan Pajajaran maupun Indraprasta.

Lokasi Air Mancur, arus kendaraan dari Jalan RE Martadinata atau Cimanggu yang akan menuju Jalan Sudirman (dalam kota) akan dialihkan ke Jalan Pemuda-Jalan Dadali-Warung Jambu dan Jalan Pajajaran.

Simpang TL Jalan Juanda atau SMAN 1, arus kendaraan dari Jalan Kapten Muslihat yang menuju Sempur atau Jalan Sudirman akan dialihkan ke BTM-Pasar Bogor-Jalan Suryakencana atau Tugu Kujang.

“Sementara arus kendaran dari BTM menuju Sempur jalan Sudirman akan dialihkan ke Jalan Kapten Muslihat, Jembatan Merah,” katanya.

Simpang Paledang, bila arus kendaraan di Jalan Kapten Muslihat arah Juanda mulai padat mengekor, sebagian kendaran dari Jembatan Merah akan dialihkan ke Jalan Paledang menuju BNI 46 tembus BTM.

Simpang Jalan Dadali, arus kendaraan dari Jalan Dadali terutama imbas dari pengalihan di sekitar Air Mancur akan diarahkan ke Warung Jambu menuju Jalan Pajajaran, tidak ada kendaraan yang melintas di Jalan A Yani.

Simpang Denpom atau depan Istana Bogor, arus kendaraan dari Jalan Jalak Harupat Sempur yang akan menuju Jalan Sudirman akan dialihkan ke Jalan Juanda menuju BTM atau jalan Kapten Muslihat.

Simpang Pangrango Plaza, bila rombongan Pawai Helaran sudah sampai depan RS Salak, maka arus kendaraan yang akan menuju Jalan Jalak Harupat Sempur, sementara akan dialihkan ke Simpang Mc D Bogor Baru menuju Warung Jambu.

“Bila rombongan Pawai Helaran sudah sampai depan RS Salak, maka jalur Jalan A Yani akan dinormalkan untuk arus lalu lintas,” katanya.

Aiptu Mansyur menambahkan, Polres Bogor Kota menyiapkan 280 personel untuk pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dibantu DLLAJ, Satpol PP dan anggota pengamanan lainnya. Informasi pengalihan arus lalu lintas pada Helaran juga telah disebar melalui twitter Polres Bogor Kota.

“Semoga pengguna jalan dapat mengantisipasi dan merencanakan rute perjalanan selama pelaksanaan Helaran Pawai budaya HJB,” katanya.

(Antara)