Peringatan Hari Lahir Pancasila Warga Desa Gunung Bunder II Hidupkan Kembali Gotong Royong

by -305 views
Peringatan Hari Lahir Pancasila Warga Desa Gunung Bunder II Hidupkan Kembali Gotong Royong

JABARMEDIA.COM, PAMIJAHAN – Gotong royong merupakan sikap yang mencerminkan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Terdapat beberapa nilai-nilai gotong rotong, seperti tolong-menolong, kebersamaan, persatuan, rela berkorban, sosialisasi, dan persatuan.

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila masyarakat wilayah kp pasir salam RT 02 RW 05 desa Gunung Bunder II kecamatan Pamijahan melaksanakan giat gotong royong, 02/062023.

Membangun jalan desa yang tadinya jalan sempit dengan lebar 1 meter hanya bisa di lalui kendaraan roda dua. Di perlebar menjadi jalan desa dengan lebar 3 meter untuk bisa di lalui kendaraan roda 4.

Pemerintah desa Gunung Bunder II, karang taruna desa bersama masyarakat bahu membahu membangun jalan yang selama ini menjadi keinginan masyarakat setempat.

Kepala desa Gunung Bunder II ( Andri Ibrahim ) menjelaskan kepada jabarmedia.com, terkait kegiatan yang sedang di lakukan ya bersama masyarakat.

Dulu gotong royong adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian masyarakat. Jangankan untuk pekerjaan untuk kepentingan umum membangun rumah wargapun selalu dilakukan secara gotong royong. Hari ini budaya luhur yang diwariskan ke kita itu nyaris tidak terlihat lagi dalam keseharian masyarakat, individualistis gantinya. Di hari lahir Pancasila ini Pemdes Gunung Bunder II bersama karang taruna mengajak masyarakat kembali menghidupkan nilai luhur warisan budaya bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Bogor Bekuk Kompolotan Begal Yang Tak Segan Lukai Para Korbannya

Ketua karang taruna desa Gunung Bunder II ( Iwan Maulana) menambahkan.

Melalui momentum hari lahirnya Pancasila 1 Juni ini kita aplikasikan nilai nilai Pancasila salah satunya ya gotong royong. Supaya kedepan ini menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat kembali. Dari kegiatan ini lahir sikap kebersamaan, bantu membantu, saling peduli dan lainnya,” pungkas Iwan.

( Purnama)