Tonjolkan Potensi Pertanian, Pamerkan Produk Unggulan

by -5 views

Lomba desa masih menjadi ajang Kades Ciherang, Kecamatan Dramaga untuk memperlihatkan keberhasilan daerahnya. Orang nomor satu di desa ini berupaya keras meyakinkan tim penilai bila wilayahnya layak menjadi juara. Seperti apa kerja cerdasnya?

KADES Ciherang Suherwin memanfaatkan kesempatan penilaian lomba desa untuk menunjukan keberhasilan daerahnya. Potensi di desanya ini menjadi  salah satu keunggulan yang layak menjadi nilai plus oleh tim penilai dari Kabupaten Bogor.

Apalagi, Desa Ciherang memiliki potensi pertanian cukup besar khususnya hasil pertanian berupa umbi-umbian. Produk pertanian ini ia pamerkan dengan harapan potensi ini menjadi penambah nilai pada loma desa ini. Makanya,  tak salah bila produk pertanian  berupa produk olahan seperti keripik, kue dari bahan umbi dan tempe.

Ada satu produk unggulan di Desa Ciherang, yakni produk alas kaki berupa sepatu dan sandal dari bahan kulit. Meski terbilang kecil, tapi produk ini mampu menarik perhatian tim penilai. Bahkan Kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD),  Endang Basuni terkesima aat melihat hasil kerajinan alas kaki ini.

Sepatu dan sandal asal Ciherang tak kalah dengan produk sejenis dari daerah lain. Endang Basuni pun sempat mengakui, bila sepatu asal Ciherang ini lebih bagus dibandingkan daerah lainnya.

Apresiasi ini yang membuat Suherwin semakin bersemangat dan optimis untuk memenangi lomba desa tahun ini. Tapi terpenting, moment seperti ini sebagai jalan untuk mengambangkan potensi yang dimiliki Desa Ciherang.

Ia juga ingin, produk unggulan daerahnya bisa terkenal di masyarakat luas termasuk di Kabupaten Bogor. ”Bila bisa terkenal otomatis para pelaku usaha kecil bisa berkembang dan mendapatkan modal,” ujar Endang Basuni.(dkw)