Ingin Tetap Bugar? Makanlah Oatmeal Saat Sahur!

by -2 views

Foto: www.healthandfoodforum.com

Jakarta – Makan sahur sebenarnya adalah makan pagi. Karena berpuasa maka harus benar-benar cermat memperhitungkan kandungan nutrisinya. Oatmeal sebagai salah satu produk olahan gandum ternyata sangat baik untuk dijadikan santapan sahur.

Saat ini oatmeal bisa dengan mudah didapat dengan pilihan yang instan dan yang tidak. Paduannya juga beragam, buah segar, buah kering atau telur. Kalau biasanya Anda menikmati oatmeal sebagai sarapan, mengapa tidak mencoba menyajikan sebagai menu sahur?

Karena faktanya gandum mengandung serat larut yang terdiri dari beta glucans, sebuah karbohidat kompleks yang berperan penting dalam proses pencernaan gandum. Meskipun lambat dicerna namun untuk produk gandum ini punya sejumlah manfaat hebat untuk kesehatan.

Sejumlah manfaat penting oatmeal untuk kesehatan antara lain:

1. Menjaga kadar kolesterol darah: Salah satu efek beta glucans adalah memperlambat asam lemak yang memasuki pembuluh darah. Karenanya mengkonsumsi oatmeal mengurangi resiko naiknya kadar kolesterol jahat.

2. Membangun kekebalan tubuh: Beta glucans juga membantu perkembangan sel darah putih di dalam pembuluh darah. Hal ini juga membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteria dan virus yang menyerang tubuh.

3. Diet yang sehat: Masalah utama saat puasa adalah rasa lapar. Siasati dengan mengonsumsi gandum karena kandungan seratnya memperlambat pencernaan sehinggan akan memberi rasa kenyang lebih lama.

4. Mengontrol kadar gula darah: Selain meredam rasa lapar, pencernaan yang lambat efek dari makan oatmeal membuat kadar gula darah berkurang. Karena itu jika mengonsumsi oatmeal secara rutin kadar gula darah akan terkontrol dengan baik.

5. Sumber energi: Yang paling penting pada oatmeal adalah kandungan energinya. Jumlah karbohidrat yang ada dalam oats adalah bentuk dari kalori yang menghasilkan energi yang besar untuk menjalani aktivitas. Ini bisa membuat Anda tidak mudah lemas atau letih.

(flo/odi)

Sumber : www.detik.com