Tujuh Imigran Rohingnya Terdampar di Ujung Genteng

by -7 views
Foto:IRFAN SUBHAN/”PRLM”

Tujuh imigran asal etnis Rohingnya Myanmar dan satu imigran asal Indonesia ditemukan terdampar di Pantai Ujung Genteng, Kampung Kalapa Condong, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (2/11/12). Kuat dugaan para imigran ini hendak menyeberang ke Pulau Christmas, Australia untuk mencari suaka.

Setelah mendapat informasi dari warga, personel Pos Pengamatan TNI Angkatan Laut bersama anggota dari Pos TNI AU Ujung Genteng, Koramil 2214 Surade wilayah Ciracap, dan Polsek Ciracap langsung melakukan penyelidikan dan ditemukan delapan imigran di dalam perahu tersebut.

“Mereka kita amankan pada pagi hari. Saat ditemukan nahkoda atau tekong kapal sudah melarikan diri, sehingga mereka ditelantarkan. Menurut para imigran mereka menggunakan dua perahu, namun satu perahu lagi berhasil lolos,” tutur anggota keamanan laut pos keamanan TNI Angkatan Laut, Kelasi Kepala (Klk) Bambang Heryanto.

Setelah diamankan oleh petugas, kedelapan imigran ini langsung di bawa ke Polres Sukabumi untuk dilakukan pendataan. Sebelum ke Indonesia, para imigran tersebut terlebih dahulu singgah di Malaysia. Bahkan beberapa di antaranya telah tinggal antara 2 – 5 tahun dan ada yang telah menikah dengan Warga Negara Indonesia (WNI) di negeri jiran tersebut.

Adapun identitas para imigran tersebut adalah Utami Setiana (36) warga Pekalongan, Jawa Tengah, Muhammad Kafi bin Abdul Kasim (38), Nur Alam bin Munir Ahmad (23), Soukat Ali bin Suyut To Islam (34), Rommudin bin Solim (28), Hobil Kamubi bin Husen (41), Said Husen bin Mugul Muhul (28), dan Samsul Alam bin Bharu (26) yang merupakan warga Myanmar.

Wakapolres Sukabumi, Komisaris Polisi (Kompol) Philemon Ginting menuturkan modus para imigran melintas ke Australia biasanya untuk mencari kehidupan yang lebih layak. “Ini baru pertama kali terjadi, biasanya imigran yang akan menyeberang berasal dari wilayah Timur Tengah. Setelah dilakukan pendataan, mereka langsung akan dikirim ke kantor Imigrasi,” katanya. (A-193/A-88)***

Sumber:pikiran-rakyat.com