Hari Kemerdekaan OPM, Polri Minta Media Tak Provokatif

by -3 views
Foto:viva.co.id

Pada 1 Desember 2012 ini, Organisasi Papua Merdeka (OPM) memperingati hari kemerdekaan. Wakapolri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna mengimbau media agar tidak membuat berita provokatif, yang bisa membuat suasana menjadi panas.

Nanan meminta media agar membuat berita yang bisa membuat suasana Papua jadi tenang. Sebab kata dia, media sangat berperan dalam membuat suasana menjadi kondusif.

“Kami berharap teman media bisa membuat tenang Papua. Supaya jangan membuat suasana yang provokatif. Sehingga Kapolda Papua dengan anggota di sana akan mampu mengakomodir dan meredam hal-hal yang membuat suasana tidak benar,” kata Nanan usai acara memperingati Hari Antikorupsi Internasional “Saresehan Budaya: KPK, Polri, Kejaksaan Agung, dan Mahkamah Agung” di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Jumat malam.

Nanan optimismtis, personel keamanan yang ada di Papua, dapat mengakomodir dan meredam hal-hal yang tidak diinginkan. Dia juga meminta semua pihak turut serta berperan dalam menjaga keutuhan dan kententraman di Papua.

Mantan Kapolda Sumut ini mengatakan pengibaran bendera Bintang Kejora harus dilihat sebagai semangat persatuan, bukan perpecahan.
“Pengibaran itu adalah semangat persatuan, itu yang diharapkan oleh kita,” ucapnya. Dia menambahkan bahwa upaya membuat Papua tenang dan berdialog dengan sejumlah warga di sana bukan hanya kewajiban Polri tetapi semua pihak.

Sumber:viva.co.id