Monorel Bandung Raya Masuk Daftar 23 Proyek Besar Indonesia-China

by -10 views

monorel-Proyek monorel Bandung Raya akan memasuki babak baru dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama (PKS) antara swasta China (CMC) dengan swasta Indonesia.

Penandatanganan PKS tersebut menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan termasuk ke dalam 23 item proyek besar yang akan ditandatangani Presiden SBY bersama Presiden China Xi Jingping di Jakarta, Kamis (3/10/2013) besok di Jakarta.

“Ini agenda di sela-sela agenda APEC,” katanya di Pasar Cisangkuy, Bandung, Rabu (2/10/2013).

Menurut Heryawan hal ini berarti MoU yang sudah dibuat antara CMC dengan Pemprov Jabar pada Juli 2013 lalu makin dikukuhkan dengan perjanjian bilateral yang diteken antara pemerintah RI dengan China.

PKS monorel Bandung Raya sendiri akan diwakili pihak CMC dengan PT Sarana Infrastruktur Indonesia (anak perusahaan Panghegar Group) dan PT Jasa Sarana (BUMD Pemprov Jabar).

Jika dirunut perjalanan proyek yang akan menelan biaya Rp15-18 triliun ini terbilang cepat, diawali dengan join of agreement antara PT SII dengan CMC pada Agustus 2012 lalu, berlanjut pada letter of intent antara Pemprov Jabar dengan CMC di Beijing, Juni 2013, disambung memorandum of understanding di Bandung antara CMC dengan Pemprov Jabar pada Juli 2013.

“Kami mohon doa restu semoga segala sesuatunya lancar. Jika jadi, ini akan mendahului proyek monorel pemerintah DKI Jakarta,” kata Heryawan.

Sumber: bisnis-jabar.com