Manfaat Daun Sirsak dan Daun Pegagan untuk Obat Wasir

by -35 views

daun-sirsakManfaat daun sirsak dan daun pegagan cukup beragam. Salah satunya berguna untuk obat wasir atau ambeien. Meski kedua bahan alami ini masih memerlukan studi lebih lanjut, namun memungkinkan untuk dijadikan obat alami untuk meredakan pembengkakan pembuluh darah di area anus tersebut.

Dikutip dari laman Bebeja, seorang penderita wasir bernama Slamet mencoba mengaplikasikan rebusan daun sirsak untuk mengobati penyakitnya. Ini dilakukan atas saran dari kakaknya. Setelah rutin mengonsumsinya, Slamet merasakan tidak lagi terjadi pendarahan pada wasirnya. Namun, selain mengonsumsi daun sirsak juga menghindari pemicu wasir seperti makanan pedas maupun asam.

Cara mengonsumsi jamu tersebut dengan merebus 7-10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua (hijau mengkilap) dengan 3 gelas air. Rebusan dibiarkan sampai tersisa 1 gelas. Ekstrak cair daun sirsak ini diminum dengan dosis sehari sekali. Slamet mengonsumsi rutin sehari sekali selama satu minggu. Setelah itu, diberi jeda hanya minum sekali dalam seminggu.

Belum ada riset yang menganalisa pengaruh kandungan daun sirsak terhadap penyembuhan wasir. Namun untuk daun pegagan, ada studi yang menemukan kaitan daun ini untuk obat wasir. Dalam studi yang dilakukan , Francesco Di Pierro dari Departemen Ilmiah, Velleja Penelitian, Pontenure (PC) dan Maurizio Lucarelli di Endokrinologi dan Angiology, Terme di Fontecchio, Città di Castello(PG)menyimpulkan, daun bernama latin Centella asiatica berguna mengatasi wasir dan insufisiensi vena kronis. Zat aktif yang bermanfaat untuk itu adalah senyawa triterpenes.

Pengetesan dilakukan dengan memberikan kapsul pegagan kepada penderita wasir sebanyak 3 kapsul per hari. Setelah memasuki hari ke-45, penderita merasakan adanya pengurangan ukuran wasir. Setelah menginjak konsumsi pegagan pada hari ke-90, penurunan terjadi pada insufisiensi vena kronis.

Untuk mengonsumsi kedua obat alami ini untuk wasir, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter Anda. Perhatikan saran dari dokter untuk menunjang kesembuhan penyakit wasir.

(sidomi)