Harga Sembako Masih Stabil, Hanya Harga Telur yang Sudah Naik

by -4 views
telur ayam
telur ayam

Harga-harga kebutuhan pokok di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, belum mengalami lonjakan hingga Selasa (18/6/2013).

Hariyono, seorang pedagang di Pasar Genteng Surabaya mengatakan, harga kebutuhan pokok seperti gula, minyak goreng tidak mengalami kenaikan. Hanya telur ayam yang naik hingga Rp 500 per kg menjadi Rp 19.000 per kg.

“Dalam tiga hari ini harga telur naik terus, tapi kenaikan harganya bukan karena BBM. Kata pedagang, harga telur naik karena faktor cuaca, pendapatan pedagang telur menurun jadi mereka pilih menaikkan harga,” ujar penjual beragam kebutuhan pokok di Pasar Genteng itu, Selasa (18/6/2013).

Beberapa pedagang menyebut, potensi kenaikan harga bisa terjadi pada produk buatan pabrik, seperti kerupuk, minyak goreng kemasan, mi dan tepung.

“Biasanya barang buatan pabrik yang ikut naik harga kalau BBM naik, tapi sekarang semua harga relatif tetap,” tambah Hariyono.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Budi Setiawan mengatakan, harga kebutuhan pokok di Jatim masih stabil. “Memang ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga tapi masih relatif kecil, sekitar 10-15 persen,” ujar Budi, Selasa (18/6/2013).

sumber+foto:tribunnews.com