Sajian Lauk Gorengan Dengan Sejuta Rasa

by -26 views

1093669044Lauk gorengan dari tempura hingga nugget saat ini sangat digemari. Hampir di tiap pesta dan jamuan, lauk gorengan selalu jadi sajian favorit. Jika Anda juga ingin menyajikan lauk gorengan untuk acara keluarga, ada baiknya baca dahulu tips berikut ini.

Jenis
Lauk gorengan yang sedang digemari saat ini adalah jenis tempura yang terbuat dari sayuran (terung, ubi, paprika, bawang Bombay) dan udang. Kecuali itu ada juga beragam jenis nugget seperti nugget ayam, ikan, udang, dan cumi. Atau beragam jenis ayam goreng seperti ayam goreng tepung, sayap goreng isi, rolade ayam goreng, dan kulit ayam goreng tepung. Sebaiknya tentukan jenis yang akan Anda sajikan, bisa 2-3 jenis ayam goreng dan beberapa jenis gorengan dari seafood agar Anda tidak kerepotan. Karena lauk gorengan harus disajikan panas.

Wadah
Jika tersedia tempat tersendiri seperti gerai/gubuk bisa digoreng langsung saat akan disantap. Jenis tempura harus digoreng sedekat mungkin dengan waktu bersantap. Lauk gorengan jika dingin tidak renyah lagi sehingga rasanya juga kurang gurih. Kalaupun tak ada tempat tersendiri usahakan lauk gorengan digoreng sesaat akan disantap sehingga tetap renyah dan segar.

Garnish
Untuk memberi kesan istimewa, jika disajikan pada piring saji, pilih piring saji yang datar, Taruh daun kol atau selada bokor atau wortel yang diiris halus di bagian tengah piring. Taruh gorengan di kelilingnya. Lengkapi dengan irisan jeruk lemon atau nipis agar tampil memikat. Usahakan dalam satu piring tersaji semua jenis lauk gorengan yang ada sehingga tamu bisa mencicipi sesuai selera.

Saus
Sebagai pelengkap lauk gorengan bisa disajikan dengan saus cabai botolan, mayones botolan, mustard pasta atau saus tartar. Untuk pelengkap lauk seafood padukan dengan saus yang asam segar atau perciki gorengan dengan sedikit air jeruk lemon saat akan disantap agar aroma anyirnya berkurang.

 Sumber : Ibu Santi Wijanarko(bandungfood.com)