Madu Hutan Jawa Barat Tak Kalah Kualitasnya

by -72 views

“kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS.An-Nahl:69).

Madu mempunyai banyak manfaat. Berbagai sumber menyebutkan dalam ilmu kesehatan beberapa kegunaan madu di antaranya, sebagai berikut: mengobati kerontokan rambut, membunuh kuman-kuman akibat infeksi kandung kemih, mengobati sakit gigi, menurunkan Kadar kolesterol, menyembuhkan batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus, mengobati kemandulan, mengobati sakit perut dan membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akarnya, madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut (kembung), membuat nafas tetap segar sehari penuh, menyembuhkan sakit kepala karena sinus dengan cara meminum campuran madu dan jus jeruk, ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu, menyembuhkan kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis, dapat mengurangi berat badan, mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu, menyembuhkan jerawat sampai ke akarnya, mengobati infeksi kulit, mencegah penuaan, mengobati sakit perut, membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akarnya, mengobati penyakit arthritis (radang sendi) kronis, mengobati penyakit jantung,

Indonesia dengan luas daratan 193 juta hektar dan luas hutan sekitar 143 juta hektar merupakan lahan yang sangat luas dan subur untuk berbagai tanaman berbunga yang dapat menghasilkan madu. Ada ratusan tanaman yang dapat menjadi sumber nektar bagi lebah. Keadaan alam Indonesia yang mempunyai banyak tumbuhan dan hutan memberikan ruang usaha peternakan lebah karena sangat kaya akan ragam tanaman berbunga. Produksi madu pun dapat terjadi setiap tahun baik untuk madu hutan maupun madu ternak.

Tidak semua lebah dapat menghasilkan madu, madu hanya dapat dihasilkan oleh lebah pekerja yang dapat mengolah nektar. Kita dapat menemukan bentuk madu berupa cairan kental seperti sirup, warnanya bening atau kuning pucat sampai coklat kekuningan. Rasanya khas, yaitu manis dengan aroma yang enak dan segar. Jika dipanaskan, aromanya menjadi lebih kuat tetapi bentuknya tidak berubah.

Ada beberapa jenis lebah madu yang terdapat di Indonesia yaitu: Apis andreniyormis, Apis dorsata dorsata, Apis dorsata binghami, Apis cerana, Apis koschevnikovi, Apis nigrocicta, Apis mellifera. Jenis Apis dorsata merupakan lebah madu Asia yang paling produktif menghasilkan madu, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan. Jenis lebah ini banyak di temui di hutan hutan biasanya mereka menghasilkan jenis madu hutan.

Jenis lebah inilah yang mempunyai tubuh paling besar dibandingkan jenis lebah lainnya. Spesies ini berkembang hanya di kawasan sub tropis dan tropis. Sejak dahulu lebah madu inilah yang diburu oleh penduduk untuk diperdagangkan hasilnya sebagai madu hutan. Jenis lebah Apis dorsata ini banyak terdapat di kawasan Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Irian dan pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Gunung Arca Sukabumi, icon pegunungan dengan lebah madu

lebah-madu
petani lebah Gunung Arca Sukabumi menjual madu serta sarangnya. photo ilustrasi/google

Produksi madu hutan Jawa Barat Gunung Arca merupakan sebuah icon besar khususnya dalam pengelolaan madu di Perum Perhutani. Selain icon besar Pusat Perlebahan Nasional, gunung arca merupakan “tadingan” positif dalam hal pengelolaan lebah madu di Perum Perhutani.

Setelah sempat terhenti pengelolaan perlebahan oleh Perum Perhutani KPH Sukabumi, dimana pengelolaannya selama kurang lebih dua tahun (1997-1998) dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Non Kayu (KBM Wisata & Non Kayu). Banyak hal yang kurang tersentuh selama masa pengelolaan tersebut. Memasuki tahun 2009 pengelolaan areal perlebahan Gunung Arca diserahkan kembali ke KPH Sukabumi. Sebagai langkah awal guna mewujudkan kembali kejayaan Gunung Arca sebagai icon Perlebahan di Sukabumi, dimulai budidaya lebah jenis Avis Melifera sebanyak 100 Stup yang direncanakan akan dapat dipanen hasilnya sebanyak 3.600 kg madu dalam kurun waktu satu tahun. Selain madu, produk lain yang tidak kalah bermanfaat serta memiliki nilai ekonomis yang dapat dihasilkan adalah berupa lilin madu, koloni lebah, pollen. Madu yang di dihasilkan merupakan madu dengan mutu terbaik serta mempunyai kelas tersendiri karena kandungan vitamin serta kemurniannya yang terjamin.

Sebagian warga Sukabumi yang terjun dalam bidang madu lebah Gunung Arca menjual madu dengan sarangnya hasil pencarian di hutan sekitar Gunung Arca secara mandiri-mandiri. Harga jual madu asli dari gunung Arca yang mereka tawarkan berkisar Rp. 70.000 per ½ kg.

Anda berminat! Silahkan hubungi bapak Didin di nomor ponsel 081510714478

Madu Hutan Cisalopa Tasikmalaya

madu tasik4
Madu hutan Cisalopa Tasikmalaya dengan kemasan botol 1 liter (photo: jabarmedia.com)

Di Jawa Barat beberapa hutan yang dapat menghasilkan madu hutan, di antaranya; hutan Gunung Arca Sukabumi, hutan Cisalopa Tasikmalaya, dan hutan-hutan lainnya di Jawa Barat. Sebagian hutan-hutan penghasil madu tersebut sudah dapat dikembangkan Perum Perhutani dengan cara modern.

Selain madu yang dikembangkan Perum Perhutani dengan cara modern, sebagian warga masyarakat di Jawa Barat rela bekerja sebagai pencari madu lebah hutan secara alami sehingga kelestarian hutan masih tetap terjaga dengan baik. Di Tasikmalaya, sebagaian warga rela pergi ke hutan pada pagi hari dan pulang hingga sore hari untuk mencari madu asli dari hutan dengan Cisalopa Tasikmalaya.

Meski hasil madu yang mereka dapatkan tidak menentu perharinya, tapi menurut penuturan pencari lebah madu hutan Cisalopa mereka mampu menghasilkan tiga botol ukuran 1 liter perhari, Di musim kemarau madu yang mereka dapatkan lebih banyak ketimbang musim hujan yang terkadang pada musim hujan mereka tidak mendapatkannya.

Tentu madu yang dihasilkan lebih baik kualitasnya karena hasil pencarian asli dari hutan. Madu asli hutan Tasikmalaya dijual Rp. 150.000 dalam 1 liter yang dimasukan ke dalam botol kemasan (harga tersebut belum termasuk ongkos kirim). Untuk menjaga hubungan baik kepada konsumen pihak penjual madu menjaga kualitas dan keaslian madu serta mengutamakan kepercayaan kepada konsumen.

Jika Anda berminat, silahkan menghubungi bapak Mikdad di nomor ponsel: 082122667314

Madu sehat super pahit: pahit rasanya, manis khasiatnya.

madu pahit
Madu sehat, pahit dan kaya khasiat

Berbeda pada umumnya rasa madu manis, tapi ada juga madu yang diproduksi adalah madu hitam dengan rasa pahit. Madu pahit ini adalah hasil karya dari lebah Apis Mellifera yang mengumpulkan ribuan sari bunga pohon Mahoni. Berbeda dengan madu lainnya Madu Mahoni memiliki rasa yang pahit, akan tetapi khasiatnya untuk kesehatan sangat luar biasa. Pahit rasanya, manis khasiatnya.

Rasa pahit dikarenakan kadar Alkoloid didalamnya sangat tinggi. Alkoloid adalah obat anti infeksi alami yang berkhasiat membunuh kuman penyakit. Karena itu orang yang sakit karena infeksi sangat baik mengkonsumsi madu pahit Tawon Bambu.

Khasiat utama madu hitam pahit adalah meningkatkan Stamina Vitalitas Sexual Pria. Menambah tenaga dan daya tahan tubuh. Membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit berat seperti Diabetes, Stroke, Liver / Hepatitis, Tumor, Kanker, Kista, Myom, Ginjal, Impotensi, Sinusitis dsb.

Sangat dianjurkan untuk penderita penyakit kencing manis / Diabetes, karena sangat aman dalam menurunkan kadar gula darah. Konsumsi rutin minum Madu Pahit akan membuat aliran darah lancar, jantung dan ginjal menjadi sehat, paru paru bersih, tubuh lebih berstamina dll.

Anda berminat! Silahkan hubungi bapak Abu Dzar di nomor ponsel 081321304755

brosur madu pahit2 brosur madu pahit3 brosur madupahit1 madu pahit1