Sekitar 600 Siswa SMA di Kota Bandung Ikuti Seminar Pendidikan Seleksi PTN 2014

by -26 views
peserta seminar
Sejumlah peserta seminar pendidikan bertajuk “Mengantisipasi Persaingan di Seleksi PTN 2014” sedang mempehatikan pemaparan pembicara di Gedung Wahana Bhakti Pos Bandung, Minggu (01/09) siang

Bandung (Jabarmedia) – Sekitar 600 siswa ikuti seminar pendidikan tentang, “Mengantisipasi Persaingan di Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2014”, yang diselenggarakan Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (LBB SSC) di Gedung Wahana Bhakti Pos Ruang Edelweis Lt. 8 Jl. Banda No. 30 Bandung, Minggu (01/09).

Para peserta seminar khusus kelas XII ini berasal dari berbagai Sekolah di kota Bandung. Mereka mulai berdatangan setelah istirahat seminar sesi pertama pukul 12.00 WIB s.d. 13.00 WIB. yang diikuti kelas X yang berasal dari berbagai SMA di Kota Bandung.

Pada sesi kedua ini panitia mendatangkan pembicara dari kalangan praktisi pendidikan dan pakar olimpiade matematika tingkat nasional Dr. Tedy Setiawan.

Sebelum pembicara dari pakar pendidikan memaparkan penjelasan tentang seleksi masuk PTN, Direktur Utama SSC, H. Sony Sugema MBA., terus memberikan motivasi dan kiat-kiat menjadi orang sukses kepada para peserta seminar.

Menurut Sony Sugema, bahwa “nasib adalah pilihan, yang menjadikan manusia ke Surga atau ke Neraka itu adalah perbuatannya sendiri”, ujar Sony Sugema yang kemudian mengutip ayat al-Qur’an Surat ar-Ra’du [13] ayat 11, Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubahnya sendiri.

Selama di depan peserta seminar, Sony Sugema selalu menampilkan gaya khasnya yang membuat peserta tidak mengantuk. “Apa yang terjadi sekarang adalah buah dari perbuatan di masa lalu”, ujar Sony Sugema yang pernah memperoleh penghargaan Citra Top Executive Indonesia tahun 1997 dan 50 Enterprise Semangat Wirausaha Indonesia dari majalah SWA dan Accenture.

Sontak sorai ratusan peserta yang memadati Lt. 8 Gedung Wahana Bhakti Pos Bandung, semakin ramai setelah pembicara kedua Dr. Tedy Setiawan memaparkan tentang seleksi persaingan masuk PTN. Sambil menggambarkan data siswa-siswa SMA di Bandung yang masuk PTN melalui infokus. “Coba lihat di urutan berapakah sekolah Anda yang memasuki siswa terbanyak diterima PTN?”, ujar Tedy.

Menurut Tedy, dari sekian peserta ujian masuk PTN tahun 2013 hanya 17 % siswa yang lulus. SMA-SMA di Bandung masih menduduki porsi terbesar masuk PTN, tapi menurut data nasional disebutkan bahwa Jawa Timur (Jatim) menempati urutan terbanyak siswa SMA lulus masuk PTN tahun 2013.

Paparan pakar matematik ITB ini mengandung aplus tepuk tangan ratusan peserta seminar sehingga membuat peserta banyak yang ingin mengajukan pertanyaan, tapi panitia hanya membatasi tiga orang untuk bertanya kepada pembicara pada setiap sesinya.

“Saya puas dengan seminar ini karena pemaparan para pembicara bagus-bagus mudah dimengerti”, kata Astri yang ditemani temannya Annisa dari SMK 3 yang sengaja datang dengan kedua temannya. Tapi, Ismadi, mengeluh “kok dari tadi yang dipanggil dari SMA terus sementara dari SMK tidak disebut-sebut padahal kami ingin bertanya”, ujarnya saat diwawancarai tim Jabarmedia.com.

Kegiatan seminar yang diselenggarakan panitia dari LBB SSC cukup berjalan lancar karena sesuai dengan jadwal yang ditargetkan mulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB.

Di penghujung acara sebelum ditutup panitia memberikan bingkisan berupa beberapa gadget ber-OS, android dan bingkisan doorprize lainnya.