Pemprov Jabar Suntik Rp50 Miliar untuk SUS Gedebage

by -2 views

20120914SUS-gedebage 20120914SUS-gedebage 1508SUS_gedebageGuna menggenjot pembangunan Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage, Pemprov Jawa Barat segera mengucurkan dana sebesar Rp50 miliar.Beberapa kali penyelesaian stadion berkelas internasional itu meleset dari target.

Awalnya,stadion utama terbesar setelah Gelora Bung Karno itu ditargetkan menjadi arena SEA Games 2011, tetapi tidak mampu dikejar.Kemudian setelah pembangunan berjalan, stadion itu ditarget selesai Desember 2012.Target itu pun meleset karena terkendala cuaca, sehingga Pemkot Bandung sebagai pemegang proyek menargetkaan Maret 2013 ini baru bisa rampung.

Kendati demikian, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan keinginannya agar pembangunan SUS Gedebage tidak meleset lagi. Langkah yang dilakukan dengan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp50 miliar. “Kami berharap, stadion kebanggaan Kota Bandung sekaligus warga Jawa Barat ini bisa segera rampung,” ucap Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Bandung,kemarin.

Menurutnya, ke depan stadion itu akan menjadi pusat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 di Jabar pada 2016 mendatang.Bahkan dirinya berharap penyelenggaraan PON ke-19 di Jabar tercatat menjadi PON tersukses dalam sejarah. Seperti diketahui, SUS Gedebage yang menelan biaya sampai Rp495 miliar itu mampu menampung 38.000 penonton dengan kursi duduk bertaraf internasional dan berstandar FIFA (Federasi Internasional Sepak Bola).

Bentuk stadion didesain mirip Stadion Old Trafford, Manchester Inggris. Sampai saat ini, pembangunan fisik SUS Gedebage yang ditangani PT Adhikarya itu sudah rampung 80%. Sebelumnya, Pemkot Bandung juga menganggarkan dana tambahan Rp229 miliar untuk menyelesaikan pembangunan SUS Gedebage dari APBD 2013.

“Anggaran untuk SUS sebanyak Rp219 miliar ini untuk menyelesaikan parkir, landscape (taman), pagar, tempat parkir,dan tempat latihan,” kata Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bandung Edi Siswadi. atep abdillah kurniawan

Sumber : seputar-indonesia.com