Kab. Pangandaran Kekurangan Stok Beras

by -4 views

Beras-3Menghadapi puasa dan lebaran tahun ini, ada 11 dari 36 kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Ciamis (masih termasuk 10 kecamatan yang menjadi wilayah DOB Kabupaten Pangandaran) memiliki stok beras yang cukup hanya untuk kebutuhan 1 bulan hingga 3 bulan ke depan.

Ke-11 kecamatan yang memiliki stok beras cukup hanya untuk kebutuhan 1-3 bulan ke depan tersebut, kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Ciamis Ir H Adi Nugara MM, meliputi Kecamatan Pangandaran, Cimaragas, Cijeungjing, Ciamis Kota, Cipaku, Kawali, Panawangan, Rajadesa, Sadananya, Jatinegara dan Kecamatan Baregbeg.

“Produksi padi dan stok beras yang tersedia saat ini di 11 kecamatan tersebut hanya mencukupi kebutuan setempat untuk waktu sebulan hingga 3 bulan ke depan. Meliputi untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran. Dari 11 kecamatan tersebut termasuk didalamnya Kecamatan Pangandaran,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Ciamis Ir H Adi Nugraha MM kepada Tribun Rabu (26/6).

Sementara di 25 kecamatan lainnya, ketersedian beras cukup melimpah, bahkan melebihi kebutuhan 3 sampai 5 bulan kedepan. “Di Kecamatan Tambaksari, Lakbok, Padaherang, Cigugur dan Kecamatan Pamarican, ketersediaan stok gabah dan hasil panen cukup melimpah melebihi kebutuhan setempat untuk 5 bulan ke depan,’ jelasnya. (sta)

sumber:tribunnews.com