Bupati Bogor Rachmat Yasin di Tangkap KPK

by -14 views

rachmatTim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengamankan uang miliaran rupiah dalam operasi tangkap tangan yang menjerat Bupati Bogor Rachmat Yasin, Rabu (7/5/2014). Uang tersebut ditemukan di sebuah kantor di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Ditemukan barang bukti uang yang sekarang masih dihitung. Tapi, kalau ditanya dalam rupiah, miliar, berapa jumlah persisnya, masih dihitung,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Rabu.

Diduga, uang ini akan diberikan kepada Yasin. Selain mengamankan Yasin, KPK menangkap kepala dinas di Kabupaten Bogor, Muhammad Zairin, dan seorang pihak swasta berinisial FXY. Zairin dan FXY ditangkap di lokasi terpisah dengan Yasin. Keduanya diringkus di sebuah restoran di Sentul, Bogor, tak jauh dari lokasi kantor tempat KPK menemukan uang miliaran rupiah.

Baca Juga:  Ratusan Rumah Warga Karangwangi Terendam Banjir Bandang

Sementara itu, Yasin ditangkap di Perumahan Yasmin, Bogor. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini diamankan setelah KPK menangkap FXY dan Zairin.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, petugas KPK juga mengamankan seorang perempuan yang merupakan karyawan di perusahaan tempat FXY bekerja. Kini, para tertangkap tangan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Dalam waktu 1 x 24 jam, KPK akan menentukan status hukum mereka.

Baca Juga:  Syukuran Jokowi, Pedagang, Petani, dan Nelayan Sumbang 250.000 Nasi Bungkus

“KPK masih punya kesempatan 1x 24 jam untuk menyimpulkan apa benar ada tindak pidana korupsi atau tidak,” ucap Johan.

(Kompas)