Wajah Baru Dominasi Kursi DPRD DKI 2014-2019

by -14 views

Kokpud-dkimisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah resmi mengumumkan nama anggota legislatif DKI terpilih pada Senin (12/5/2014). Ketua KPU DKI Sumarno mengatakan, dari nama-nama tersebut, lebih dari 50 persen merupakan wajah-wajah baru. Selebihnya adalah anggota legislatif incumbent (petahana).

“Ada sekitar 60 anggota dewan baru,” kata Sumarno kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (15/5/2014).

Keputusan itu berdasarkan SK Nomor 013/Kpts/KPU-Prov-010/2014 tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta. Penepatan anggota legislatif itu telah melalui tahapan penghitungan bilangan pembagi pemilih (BPP). Penentuan angka BPP berdasarkan jumlah suara sah di satu dapil dibagi alokasi kursi sehingga didapatkan nilai BPP untuk kursi anggota DPRD. Rencananya, anggota DPRD terpilih periode 2014-2019 ini akan dilantik pada Agustus 2014.

Baca Juga:  Ancaman Bupati Aceng Meresahkan-Jika Garut Bergejolak, Bupati Bisa Dipidanakan

Adapun 106 kursi legislatif ini terdiri dari PDI-Perjuangan dengan perolehan 28 kursi, Partai Gerindra dengan 15 kursi, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 11 kursi. Adapun Partai Demokrat yang meraih 32 kursi pada periode lalu kini hanya memperoleh 10 kursi. Jumlah perolehan kursi Demokrat itu sama dengan kursi yang diperoleh Partai Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak memperoleh kursi sama sekali.

Salah seorang anggota DPRD yang kini gagal melenggang ke Kebon Sirih adalah Sandy. Anggota Fraksi Demokrat itu mengaku ikhlas atas kekalahannya di Dapil V Jakarta Timur. Kendati demikian, ia tidak ikhlas jika kekalahannya disebabkan adanya kecurangan.

Baca Juga:  Demo BBM, Aparat Menginap di Bandara Polonia

“Kondisi yang sekarang berbeda dengan tahun 2009 lalu. Walaupun sudah berjuang di lapangan, tapi dikalahkan dengan politik uang. Saya tidak mau menuduh, tapi secara praktik banyak politik uang,” kata Sandy.

Berbeda dari Sandy, anggota Fraksi PDI-P Prasetio Edi Marsudi kembali terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Ia mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang telah memenangkan partainya di tingkat provinsi. Menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi, maka peluang anggota DPRD dari PDI-P menduduki kursi Ketua DPRD semakin besar. “Kemenangan ini kemenangan warga Jakarta. Hasil ini mengulang kemenangan tahun 1999 lalu,” kata pria yang akrab disapa Pras tersebut. (kompas.com)